Sabtu, 10 Juli 2010

Pemekaran Kabupaten Cilacap


Wacana pemekaran Kabupaten Cilacap menjadi dua kabupaten yaitu kabupaten cilacap barat yang mencakup wilayah kecamatan2 bagian barat kabupaten cilacap tahun - tahun belakangan ini terdengar santer dibicarakan. Timbul pertanyaan apakah pemekaran ini murni keinginan masyarakat atau hanya demi kepentingan segelintir elite politik / golongan yang menginginkan kekuasaan semata? Hal ini sangat penting demi kemajuan rakyat ini khusunya masyarakat di Kabupaten cilacap bagian barat. jangan sampai pemekaran ini hanya menimbulkan kekacauan di masyarakat karena harus dihadapkan dengan konflik elite politik yang memperebutkan kekuasaan.
Pemekaran wilayah terutama di kabupaten Cilacap mungkin bisa mengurangi kesenjangan pembangunan yang selama ini terasa dimana pembangunan wilayah kabupaten cilacap bagian barat terasa dianaktirikan di bandingkan dengan pembangunan di wilayah kabupaten cilacap bagian timur. Kabupaten cilacap merupakan kabupaten dengan wilayah terluas di jawa tengah mungkin hal ini yang menjadi bahan pertimbangan munculnya wacana pemekaran wilayah ini. luasnya wilayah mungkin yang menjadi kendala dalam pemerataan pembangunan terutama pembangunan desa - desa terpencil yang jaraknya sangat jauh dari pusat pemerintahan kabupaten.
Terlepas dari semua itu saya hanya berharap semoga nantinya jika wacana ini terealisasi jangan sampai menambah beban rakyat. dan semoga para pemimpin tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi/ golongannya dan semoga masyarakat semakin pandai untuk memilih calon pemimpin yang benar - benar berfungsi sebagai pemimpin yang meengayomi rakyatnya dan mampu membawa rakyatnya menuju kehidupan yang lebih baik.

1 komentar: